PERBEDAAN REPORT TEXT DAN DESCRIPTIVE TEXT

Report text
Report text adalah text yang mendeskripsikan dan mengklasifikasikan hal-hal atau fenomena yang umum yang menjadi objek diskusi. Pada umumnya report text ditulis berdasarkan hasil observasi atau pengamatan yang dilakukan sebelumnya.

Report text selalu diikuti oleh fakta-fakta penting mengenai topic yang sedang didiskusikan. Report text biasanya membicarakan hal-hl tekhnis, ilmiah dan umum. Contohnya Kalori, carbohydrate, protein, animal dan sebagainnya.

Descriptive text
Descriptive text bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan bagaimana seseorang atau suatu hal terlihat yang sebenarnya. Tidak seperti report text yang masih mendeskripsikan sutu hal yang umum, descriptive text mendeskripsikan suatu hal lebih khusus. Descriptive text menggambarkan seseorang atau suatu benda berdasarkan fakta objektif.

Contoh: jika report text mendeskripsikan tentang burung, maka report text akan mendeskripsikan burung secara general misalnya, makanannya, cara reproduksinya, dan hal umum lainnya. Sedangkan Descriptive text akan mendeskripsikan tentang burungku dan menjelaskan hal-hal khusus seperti warnanya, beratnya, kebiasaannya, dan hal-hal unik khusus lainnya.

Generic structure:
Keduanya memiliki generic structure yang sama namun berbeda dalam hal isinya yaitu:
Identification
Description

Identification
Report text
Pada paragraph identification berisikan informasi atau penjelasan secara umum mengenai apa yang akan didiskusikan.

Descriptive text
Pada descriptive text, identification berisi tentang identifikasi mengenai suatu benda/orang yang akan dideskripsikan secara keseluruhan di dalam text.

Description
Report text
Pada report text bagian description biasanya memberikan gambaran fenomena-fenomena yang terjadi dan bagian-bagiannya, Intinya adalah penjabaran dari klasifikasi yang disajikan dengan ilmiah.

Descriptive text
Pada bagian description berisikan mengenai gambaran tentang penjelasan / penggambaran mengenai suatu hal / orang dengan menyebutkan beberapa sifat dan characteristic khususnya.

Language Features
Report text
Menggunakan conditional connector seperti: when, so, while, dll.
Menggunakan simple present tense.
Memperkenalkan kelompok atau aspect secara umum.
Kebanyakan menggunakan common noun dan adjective.

Descriptive text
Menggunakan Simple Present Tense
Menggunakan action verb
Kebanyakan menggunakan adverb
Menggunakan special technical terms

Contoh:
Report text
Birds
Bird is vertebrate animals that have feathers and wings. Birds are the only vertebrate animals which can fly. Birds have thousands of species that spread across the world starting from the smallest birds such as hummingbird and the largest birds such as the ostrich. Although birds are the only vertebrates that can fly, there is also a kind of bird that cannot fly like chickens, penguins and ostriches.

Its body is covered with feathers which have diverse functions and colors. Bird’s beak has also so many different forms adapted to their food. For example, falcons have powerful beaks and sharp used for tearing shreds of meat while the hummingbird has a small beak and long used for sucking honey.

Bird is a kind of vivar animals. Vivar is the type of animals that reproduce by means of producing eggs. Birds can produce many eggs in every spawn. Before hatching, the egg will be incubated during a specific period of time. For example: chickens incubate its egg for 21 days before hatching.

Descriptive text
My Parrot
I have a parrot named Bejo. Bejo is a parrot that is very active and agile. My parrot has a very dark black color and yellow beak. At the back of its head there are parts such as yellow combs.
My parrot love to imitate sound. He can imitate general voices such as hay, how are you, there is a guests, and much more. Bejo is a very tame bird. He does not like peck human. When there are people who approached him, he would jump up and down happily.

Artinya:
Burung
Burung termasuk hewan bertulang belakang yang memiliki bulu dan sayap. Burung adalah satu-satunya hewan dari anggota hewan bertulang belakang yang bisa terbang. Burung memiliki ribuan jenis yang tersebar di seluruh dunia dimulai dari yang tekecil yaitu burung kolibri dan yang terbesar yaitu burung unta. Meskipun burung adalah satu-satunya hewan bertulang belakang yang bisa terbang, ada juga jenis burung yang tidak bisa terbang seperti ayam, penguin dan burung unta.

Tubuh burung dilapisi oleh bulu yang beraneka ragam fungsi dan warna. Paruh burung juga bermacam-macam bentuknya yang disesuaikan dengan makanan mereka. Contohnya burung elang memiliki paruh yang kuat dan bengkok berfungsi untuk mencabik-cabik daging sedangkan burung kolibri memiliki paruh kecil dan panjang sebagai alat penghisap madu.

Burung merupakan jenis hewan vivar. Vivar adalah jenis hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Setiap bertelur burung dapat menghasilkan banyak telur. Sebelum menetas burung akan mengerami anaknya selama periode waktu tertentu. Contohnya: ayam mengerami anaknya selama 21 hari sebelum menetas.

Burung Beoku
Aku mempunyai seekor burung beo yang bernama bejo. Bejo merupakan burung beo yang sangat aktif dan lincah. Burung beoku memiliki warna hitam yang sangat gelap dan paruh yang berwarna kuning. Pada kepala bagian belaknagnya terdapat bagian yang seperti jengger dan berwarna kuning.

Burung beoku sangat suka menirukan suara orang lain. Dia bisa menirukan suara-suara umumu seperti hay, apa kabar, ada tamu tuh, dan masih banyak lagi. Bejo adalah burung yang sangat jinak. Dia tidak suka mematuk manusia. ketika ada manusia yang mendekatinya dia akan melompat-lompat dengan kegirangan.

Jika dilihat dari generic structure-nya, kedua jenis teks tersebut memiliki persamaan dalam hal description (gambaran, bagian-bagian penjelasan sebuah topiknya)

Descriptive Text
Report Text
Identification (identifikasi tentang apakah orang, benda, atau tempat tertentu saja)
Description (Deskripsi/gambaran atau bagian-bagian yang menjelaskan identifikasi tersebut)
General Classification (klasifikasi atau penggolongan tentang apakah orang, benda, atau tempat tersebut masih bersifat umum?)

Di samping itu, kedua jenis teks tersebut menggunakan leksikogrammar yang hampir sama. Keduanya menggunkan bentuk verba (kata kerja) simple present (kata kerja kala kini/ waktu sekarang).

Perbedaannya :
Pada bagian awal Teks Descriptive berupa identification (identifikasi tentang apakah orang, benda, atau tempat tertentu saja). Artinya benda, orang atau tempat dimaksud harus tertentu (dapat ditunjukkan orangnya/bendanya/tempatnya). 
Misalnya:

My cat (kucingku), hanya mengidentifikasi kucingku, bukan semua kucing.

The cat under the bridge (Kucing yang ada di bawah jembatan), hanya mengidentifikasi kucing yang ada di bawah jembatan saja, buka kucing-kucing yang ada di tempat lain.

Ridwan's exotic bird, Anis. (Burung eksotisnya Ridwa, Burung Anis), hanya mengidentifikasi burung eksotis yang dimiliki Ridwan saja yang bernama burung Anis, bukan semua burung eksotis di taman penangkaran burung atau di hutan.

Rhoma Irama, the king of dangdut singer (Rhoma Irama, sang raja dangdut), hanya menunjuk kepada satu orang yaitu Rhoma Irama.

Indramayu Public Hospital (Rumah Sakit Umum Indramayu), mengidentifikasi pada satu rumah sakit di Indramayu, yaitu RSUD Indramayu.

Bandingkan dengan Teks Report.

Pada bagian awal teks Report berupa general classification (klasifikasi atau penggolongan tentang apakah orang, benda, atau tempat tersebut masih bersifat umum?) Artinya sulit dutunjukkan bendanya, orangnya atau tempatnya, karena masih bersifat umum (masih berupa klasifikasi / golongan).

Misalnya :
A cat
A cat is a carnivorous animal. It feeds on other small animals. It likes catching mice, lizrds, fish, and so on. (Kucing. Kucing adalah binatang karnivora.  Ia makan hewan kecil lain. Ia suka menangkap tikus, cicak, ikan dll). Kalimat-kalimat di atas tidak bisa mengidentifikasi kepada satu kucing, tetapi kucing pada umumnya, karena semua kucing adalah hewan karnivora, suka menagkap tikus, cicak dll)

House
A house is a place to shelter in from extreme temperature, sunheat, etc. It is constructed from floor, wall, door(s) and window(s), and roof. It has some kinds of rooms and kitchen in it. (Rumah. Sebuah rumah adalah tempat untuk berlindung dari suhu ekstrim, terik matahari, dll. tersusun dari lantai, dinding, pintu dan jendela. terdapat beberapa ruang dan dapur di dalamnya). Kalimat-kalimat di atas juga tidak bisa mengidentifikasi kepada satu rumah (rumah siapa?), tetapi rumah secara umum yang pasti memiliki ciri-ciri fisik seperti disebutkan di atas. 

0 Response to "PERBEDAAN REPORT TEXT DAN DESCRIPTIVE TEXT"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel