Waspada Erupsi Anak Gunung Krakatau

Gunung paling ditakuti di dunia ada di Indonesia yaitu Krakatau. Yang sekarang sering erupsi adalah Anak Krakatau yang terbentuk tahun 1927 yang semakin hari semakin tinggi karena kaldera yang masih aktif.

Letusan terdahsyat Tgl 27 Agustus 1883 dengan daya ledak 10.000 kali bom atom Hiroshima. Jumlah korban 40.000 orang akibat tsunami setinggi 40 meter.

1300 tahun sebelumnya tepatnya tahun 535 Gunung Krakatau purba meletus mengakibatkan dunia gelap gulita dan Pulau Jawa dan Sumatra yang tadinya bersatu menjadi terpisah!


https://www.facebook.com/ummumadynah.samma

TSUNAMI KRAKATAU 1883

Tsunami Krakatau Indonesia paling terbesar dan terdahsyat sepanjang sejarah. Pada 26-27 Agustus 1883, Gunung Krakatau yang tidur selama 200 tahun tak sekadar meletus, ia meledakkan dirinya sendiri hingga hancur berkeping-keping. Kekuatannya setara 150 megaton TNT, lebih dari 10 ribu kali kekuatan bom atom yang meluluh-lantakkan Hiroshima dan Nagasaki. Sehingga melenyapkan pulau pulau dan memicu dua kali tsunami, dengan tinggi 40 meter, serta menewaskan lebih dari 35 ribu orang. Itu versi resmi.

Sejumlah laporan menyebut, korban mencapai 120 ribu. Mayat mayat manusia ditemukan mengambang di Samudera Hindia hingga pantai timur Afrika sampai satu tahun pasca letusan. Suara ledakan dan gemuruh letusan Krakatau terdengar sampai radius lebih dari 4.600 km, hingga terdengar sepanjang Samudera Hindia, dari Pulau Rodriguez dan Sri Lanka di barat, hingga ke Australia di timur.

Letusan tersebut masih tercatat sebagai suara letusan paling keras yang pernah terdengar di muka bumi. Siapapun yang berada dalam radius 10 kilometer niscaya menjadi tuli. The Guiness Book of Records mencatat bunyi ledakan Krakatau sebagai bunyi paling hebat yang terekam dalam sejarah.

Letusan Krakatau juga menciptakan fenomena angkasa lewat abu vulkaniknya. Abu yang muncrat ke angkasa, membuat Bulan berwarna biru.

Pasca letusan tersebut, Krakatau hancur sama sekali. Mulai pada 1927 atau kurang lebih 40 tahun setelah meletusnya Gunung Krakatau, muncul gunung api yang dikenal sebagai Anak Krakatau. Ia sangat aktif dan terus bertumbuh. Akankah ia meletus seperti induknya?

Anak Krakatau adalah satu dari 100 gunung berapi yang terus dipantau NASA melalui satelit EO-1 (Earth Observing - 1). Ada dua alasan yang membuat NASA terus mengamati Anak Krakatau. Selain karena terus-menerus bererupsi, juga dilatar-belakangi faktor historis.

Bila berpatokan pada catatan sejarah bahwa dalam durasi 200 tahun Krakatau meletus, maka di tahun 2018 ini kita bisa menarik napas lega karena sejak peristiwa itu hingga sekarang terhitung baru 135 tahun. Namun demikian, tidak ada jaminan terkait rentang waktu itu. Karena bencana alam adalah murni kehendak Sang Maha Kuasa dan belum ada alat ukurnya yang tepat kapan bencana itu akan datang.

Waspada harus, takut jangan. Ingatlah pesan Rasulallah "Tanamlah biji kurma itu walau besok akan kiamat."



https://www.facebook.com/gyza.a.fahmi

Saran Dokter Terkait Abu Vulkanik Gunung Anak Krakatau

Meningkatnya aktivitas abu vulkanik Gunung Anak Krakatau menyebabkan sebaran debu yang dikeluarkan ini semakin meluas. Sebaran abu yang terbawa angin ini memaksa masyarakat untuk terus menerus menghirupnya. Perlu diwaspadai ternyata abu ini memiliki dampak buruk bagi kesehatan bila terus terhidup dalam jangka waktu yang lama.

dr Feni Fitriani Taufik, Sp P(K), M Pd Ketua Divisi Paru Kerja dan Lingkungan, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI)- RSUP Persahabatan mengatakan, dalam situasi seperti ini sebaiknya untuk selalu memperhatikan peringatan dan sebaiknya menghindari aktivitas di luar rumah. Dalam usaha menghindari abu ini cara paling amannya ialah dengan tetap berada di dalam rumah.

"Nah jika tinggal di dalam rumah, jangan lupa untuk menutup selalu jendela dan pintu dengan rapat untuk meminimalkan masuknya debu vulkanik masuk ke dalam rumah," ujar dr Feni saat diwawancarai detikHealth, Kamis (27/12/2018). - Kireina S. Cahyani - detikHealth


Kondisi aktivitas Anak Krakatau (Foto: Antara Foto)

0 Response to "Waspada Erupsi Anak Gunung Krakatau"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel